Rabu, 21 Desember 2011

Benarkah CD Lebih Aman dari Virus Dibanding Flashdisk


Pertama kali mengenal media penyebaran virus, teman saya mengatakan bahwa menyimpan data lebih aman menggunakan CD. Karena CD tidak bisa dimasuki virus. Tapi dengan flashdisk? Tidak. Flashdisk sangat rentan sebagai media keluar masuk virus. Sejak saat itu, saya lebih merasa nyaman setiap membuka CD pada komputer saya dari pada Flashdisk. Karena saya sudah tahu bahwa CD aman dari virus.  Tapi suatu kali saya kaget. Saat itu saya membeli sebuah buku yang disertai bonus berupa CD. Dan begitu CD itu saya buka, antivirus saya langsung mendeteksi sekian virus pada CD tersebut. "Lho?" Begitu juga dengan beberapa CD hasil copy dari teman-teman saya, begitu saya buka, juga terdeteksi ada virus di dalamnya. 

Jadi benarkah CD lebih aman dari virus dari pada Flashdisk?

Jawaban saya sekarang adalah, benar jika maksudnya bahwa CD tidak bisa dimasuki virus. Karena CD hanya bisa ditembus dengan dibakar (burning). Sedang flashdisk tanpa mencopy data pun, virus tetap bisa menyusup. Baik dari komputer ke flashdisk maupun dari flasdisk ke komputer. Tapi CD? Tidak bisa. Virus hanya bisa masuk ke CD apabila dicopy atau dibakar. Artinya ketika sebuah data pada kopmuter mengandung virus lalu dibakar ke CD, maka selamanya virus itu akan tetap abadi dalam CD tersebut. Dan setiap CD itu dibuka atau dijalankan pada komputer, tetap virus tersebut akan siap gentayangan pada komputer. 
 Intinya, pernyataan CD lebih aman dari virus dari Flashdisk, tidak bisa ditelan mentah-mentah. Dipahami dulu maksudnya. Apakah maksudnya CD diinfeksi virus atau CD meyebarkan virus? Kalau dinfeksi virus, ya jelas CD tidak bisa. Tapi kalau menularkan virus ke komputer? Sama saja nasibnya dengan flashdisk. Asal CD itu mengandung virus, tetap berbahaya bila dibuka pada komputer. 
Ini sejauh yang saya pahami dan alami.


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya saya sendiri Mengupdateblog ini, mohon maaf bila komentar anda tidak di balas.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan